Sabtu, 07 November 2015

Reptil yang cocok untuk Pemula

hi bro n sist,...
Hari ini saya mau bahas Reptil yang cocok untuk pemula :D
kebanyakan orang melihat Reptil contohnya paling gampang yaitu Ular sangat menyeramkan, galak dan berbisa,.... hmmm, tapi sekarang  sudah banyak orang yang memelihara dan sampai membudidayakannya. ok langsung saja Reptil yang cocok untuk pemula:

Ular

   Banyak jenis ular di dunia ini ada yang bisa berukuran sangat besar, kecil, tidak berbisa dan berbisa. ular yang cocok untuk pemula itu:
   1. Python

  Ular python adalah ular yang bisa besar dan untuk ukuran besarnya bisa mencapai 6 meter lebih. untuk harga di pasaran ular python reticulatus (sanca batik) biasanya harga anakan 100rb sampai 1 juta biasanya tergantung banyak aspek yang mendukung harga seperti locality(asal ular seperti: jawa, sumatra, borneo dan lainnya). kamu bisa mencarinya di reptil shop di kota kamu atau mencari di forum jual beli biasanya di facebook banyak hehehe,..
  Untuk perawatan ular Sanca batik ini sangat mudah. pertama untuk kandangnya ukuran kandangnya di usahakan 2 sampai 4 kali lebih besar dari pada tubuh si ular, agar ular merasa nyaman dan lebih leluasa untuk bergerak di kandang serta sediakan tempat minum untuk ularnya. dan kebersihan di kandang  juga harus di jaga saat ular pup (buang sisa pencernaan) kita harus  membersihkan, tenang ular tidak pup tiap hari kok karena ular butuhkan waktu yang lama untuk mencerna makanannya.
  Untuk makanan biasanya di beri makan tikus, burung, anak ayam biasanya di beri makan seminggu sampai dua minggu sekali di sesuaikan ukuran si ular namun ada juga ular yang sudah terbiasa dengan makanan yang menurut saya lebih mudah di cari seperti ayam potong. biasanya ular mau makan ayam potong itu di treatmen untuk makan ayam potong.
  Jenis ular lain yang cocok untuk pemula:
1. Ball python (BP)
2. Reticulatus Python (Sanca Batik)

3. Corn Snake (CS)

Ular-ular tersebut menurut saya cocok untuk pemula karena mempunyai tempramen yang  baik dan untuk makan tidak pilih-pilih

Leopard Gecko



   Gecko adalah hewan yang berasal dari pakistan, india dan iran. namun di indonesia sendiri sudah banyak yang membudidayakannya. Untuk perawatannya sangat mudah sekali, untuk kandangnnya bisa menggunakan aquarium dan tupperware karena hewan ini ukuranya tidak terlalu besar untuk dewasanya saja hanya 15-20cm. alas untuk kandangnya bisa menggunakan pasir biasa, atau pasir gurun biasanya reptil shop jual untuk hewan-hewan gurun. namun dulu saat saya memelihara gecko menggunakan alas dolomit, tanya aja ke reptil shop bentuknya kaya tepung berwarna putih terbuat dari kapur.
gambar dolomit:

  Untuk makannya Leopard Gecko sangat mudah, untuk babynya berikan ulat hongkong, beli di pasar burung banyak. dan untuk ukuran dewasa jangkrik 3 - 5 jangkrik perhari, sungguh sangat mudah bukan?.

Iguana



   Iguana adalah sejenis kadal-kadalan yang berasal dari daerah tropis di amerika tengah, amerika selatan hingga pulau karibia .iguana yang banyak di indonesia adalah dari Amerika selatan seperti columbia, peru dan elsavador. untuk perawatan iguana di rumah bisa di lepas di rumah jika ukuran sudah dewasa sekitar 1 meter dan sudah terbiasa dengan manusia, untuk babynya sampai ukuran remaja bisa di letakkan di kandang tralis seperti kandang kucing. dan di dalamnya di beri ranting pohon untuk iguana bertengger.mungkin yang agak ribet adalah iguana harus di jemur setiap hari antara jam 7 - 9  jemur dalam waktu 15-30 menit tergantung ukuran lebih besar kadang berjemurnya lebih lama
  Untuk pakan sendiri iguana tidak terlalu ribet, apalagi untuk pemula yang nga mau hewan yang memakan daging atau pun serangga. karena iguana pemakan daun, buah dan sayuran namun kadang juga memakan serangga. tp di indonesia sendiri iguana itu herbivora atau pemakan tumbuhan. lebih simpel bukan jika kelebihan stock pakan kamu bisa menyimpanya di kulkas.

Oke mungkin menurut saya itu reptil yang cocok untuk pemula. apakah sudah ada pandangan mau pelihara yang mana? oke demikian pembahasan Reptil yang cocok untuk Pemula

Salam Darah dingin :D


kunjungi lainnya:
Memelihara Ular Berbisa
Cara Memelihara Ular Condro (GTP / Green Tree Python)
Cara berternak ular Python (Sanca)
5 Penyakit yang sering terjadi di ular
Cara memelihara Biawak (Varanus)
  

1 komentar:

  1. http://www.faisalardywinata.ga/2015/11/samsung-galaxy-s7-akan-release-di-tahun.html

    BalasHapus

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com